H. DWI RAHAYU


KERJA LEMBUR
13/05/2011, 9:09 pm
Filed under: Uncategorized

Bahwa dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 21/PMK.05/2007 tentang Kerja Lembur dan Pemberian Uang Lembur bagi Pegawai Negeri Sipil telah diatur besaran tarif uang lembur;

 PENGERTIAN

1. Kerja Lembur adalah segala pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang Pegawai pada waktu-waktu tertentu diluar waktu kerja sebagaimana telah ditetapkan bagi tiap-tiap Instansi dan Kantor Pemerintah.

2. Uang Lembur adalah uang yang diberikan kepada PNS yang telah melakukan kerja lembur selama paling sedikit 1 (satu) jam penuh.

3. Uang Makan Lembur adalah uang yang diberikan kepada PNS yang telah melakukan kerja lembur sekurang-kurangnya selam 2 (dua) jam berturut-turut.

4. Surat Perintah Kerja Lembur adalah surat yang dibuat oleh Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen/Kepala Kantor/Kepala Satuan Kerja yang memuat perintah kepada PNS untuk melakukan kerja lembur dalam rangka menyelesaikan pekerjaan tertentu di luar rencana kerja biasa.

5. Daftar Hadir Kerja adalah daftar yang memuat nama dan tanda tangan PNS sebagai bukti bahwa PNS tersebut hadir pada hari kerja.

6. Daftar Hadir Lembur adalah daftar yang memuat nama dan tanda tangan PNS sebagai bukti bahwa PNS tersebut hadir dan melaksanakan kerja lembur.

7. Daftar Pembayaran Perhitungan Uang Lembur adalah daftar yang dibuat oleh Pembuat Daftar Gaji dan ditandatangani Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen/Kepala Kantor/Kepala Satuan Kerja dan Bendahara Pengeluaran yang memuat jumlah jam lembur masing-masing PNS pada hari-hari melaksanakan kerja lembur selama 1 bulan, jumlah yang lembur dan uang makan, jumlah kotor dan potongan pajak serta jumlah bersih yang diterima PNS yang melakukan kerja lembur.

UMUM

1. PNS dapat diperintahkan melakukan kerja lembur jika diperlukan untuk kepentingan dinas di luar jam kerja.Perintah tersebut dikeluarkan oleh Kuasa Pengguan Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen/Kepala Kantor/Kepala Satuan Kerja dalam bentuk Surat Perintah Kerja Lembur.

2. Surat Perintah Kerja Lembur dapat dibuat secara bulanan maupun untuk hari-hari tertentu saat PNS melakukan kerja lembur.

3. Surat Perintah Kerja Lembur Sekurang-kurangnya memuat nama PNS yang diperintahkan kerja lembur, hari dan tanggal pelaksanaan kerja lembur, lamanya waktu kerja lembur dan pekerjaan yang harus diselesaikan.

4. Uang Lembur diberikan Kepada PNS yang melakukan kerja lembur tiap-tiap kali selama paling sedikit 1 (satu) jam penuh.

5. Terhitung mulai tanggal 1 januari 2007, besarnya Uang Lembur untuk tiap-tiap jam penuh kerja lembur bagi PNS adalah sebagai berikut:

a. Pada hari kerja biasa sesudah jam tutup kantor:

- Golongan I        : Rp. 5.000,00/jam

- Golongan II       : Rp. 6.500,00/jam

- Golongan III      : Rp. 8.000,00/jam

- Golongan IV       : Rp. 9.500,00/jam

b. Pemberian uang lembur pada hari libur kerja sebesar 200% dari

besarnya uang lembur.

6. Waktu kerja lembur pada hari kerja paling banyak selama 3 (tiga) jam sehari atau 14 (empat belas) jam seminggu.

About these ads

Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: